Tanda-Tanda Menstruasi dan Cara Mengatasi Rasa Nyeri

Tanda-Tanda Menstruasi dan Cara Mengatasi Rasa Nyeri

Menstruasi atau datang bulan merupakan siklus yang datang pada seorang wanita setiap bulannya secara teratur.

Normalnya, frekuensi haid kembali sekitar hari ke 21-35. Siklus haid ini bisa maju atau mundur, oleh karena itu anda perlu mengetahui bagaimana tanda-tanda menstruasi dengan tepat.

Tanda-tanda menstruasi ini juga bisa menjadi sinyal untuk bersiap-siap. Apalagi bagi Anda yang sedang mengandung. Tanda-tanda menstruasi hampir sama dengan tanda-tanda kehamilan.

Estrogen selalu meningkat setiap siklus menstruasi sebagai persiapan kehamilan. Selama ovulasi, sel telur dilepaskan dari ovarium dan lapisan rahim menebal.

Jika tidak dibuahi, sel telur akan diserap tubuh dan mengelupas dinding rahim yang tebal dan meninggalkan tubuh bercampur darah. Berikut adalah tanda-tanda bahwa haid anda akan datang :

Tanda-Tanda Menstruasi dan Cara Mengatasi Rasa Nyeri

  1. Keram perut

Salah satu tanda menstruasi yang dialami hampir semua wanita adalah kram perut. Kram perut, juga dikenal sebagai dismenore primer, dimulai pada hari-hari menjelang menstruasi dan berlangsung selama beberapa hari.

Kram ini dapat berkisar dari ringan hingga berat, terkadang menyebabkan seorang wanita berhenti melakukan aktivitas. Sakit dan nyeri biasanya dirasakan di perut bagian bawah, di mana bisa menjalar dari punggung bawah hingga paha atas.

Beberapa orang mengalami kram paling parah saat aliran menstruasi mereka meningkat. Kondisi kesehatan tertentu juga dapat memperburuk kontraksi, seperti endometriosis, stenosis serviks, adenomiosis, penyakit radang panggul, dan fibroid.

 

  1. Nafsu makan meningkat

Menjelang menstruasi, nafsu makan biasanya muncul banyak. Anda merasa lapar sepanjang waktu, jadi anda bisa mengonsumsi suplemen atau vitamin. Jadi meskipun makan banyak, anda akan tetap sehat.

 

  1. Perubahan emosional

Wanita dapat mengalami perubahan emosi yang tidak stabil menjelang menstruasi. Anda akan merasakan suasana hati yang tidak bersahabat dan perubahan suasana hati. Anda bisa menangis dan sensitif.

 

  1. Nyeri punggung bawah

Tanda haid lainnya yang sering dirasakan wanita adalah nyeri punggung bawah. Kontraksi rahim dan perut yang disebabkan oleh sekresi prostaglandin dapat menyebabkan kejang otot di punggung bawah.

Nyeri dapat terjadi dan anda mungkin juga menderita sakit punggung yang terjadi saat menstruasi. Sementara itu, beberapa orang mungkin mengalami ketidaknyamanan ringan atau kesemutan di punggung.

 

Cara Mengatasi Nyeri Saat Mensturasi

Beberapa wanita yang sedang haid atau datang bulan sering mengalami sakit perut, terutama di hari pertama atau bahkan sebelumnya. Nyeri ini normal dan tidak perlu dikhawatirkan. Ini karena kontraksi otot rahim selama proses diastasis.

Namun, nyeri saat menstruasi dapat mengganggu produktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, ada baiknya Anda memperhatikan beberapa cara mengatasi sakit perut saat haid yang bisa anda lakukan sendiri di rumah.

 

  1. Minum obat penghilang rasa sakit

Ketika anda merasakan sakit perut saat menstruasi, anda dapat memilih obat pereda nyeri yang dijual bebas untuk meringankan kondisi Anda.

Anda dapat mengonsumsi obat pereda nyeri seperti paracetamol atau antiradang seperti ibuprofen untuk mengurangi nyeri. Jika antiperadangan tidak membantu, anda dapat mencoba acetaminophen.

Obat-obatan ini aman untuk anda selama anda memperhatikan petunjuk pada kemasan obat. Anda juga bisa mencoba beberapa produk herbal seperti pycnogenol, adas, atau produk kombinasi untuk meredakan kram menstruasi.

 

  1. Minum banyak air putih

Selama menstruasi, wanita disarankan untuk banyak minum air putih. Pasalnya, pendarahan dapat menyebabkan kekurangan cairan dalam tubuh. Ketidaknyamanan yang biasanya terjadi adalah migrain. Hal ini terjadi karena perubahan keseimbangan hormon.

 

  1. Yoga

Cara ketiga untuk meredakan nyeri haid adalah dengan melakukan beberapa gerakan yoga. Yoga dikenal karena efeknya yang baik untuk meregangkan atau mengendurkan otot.

Cobalah beberapa pose yoga untuk meredakan nyeri haid. Latihan yoga teratur telah terbukti membantu meredakan kram menstruasi.

 

Demikian informasi yang telah anda simak mengenai tanda-tanda menstruasi yang tepat serta bagaimana cara untuk mengatasi rasa nyeri yang muncul saat mensturasi muncul. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *